Rabu, 23 November 2022

Digital Marketing For Milenials Bussines

 DIGITAL MARKETING

 FOR MILLENIALS BUSSINESS

Karya: Pangestu Bakthi Widagdo 


Ilustrasi: google


   Di era Milenial ini, sudah pasti banyak bisnis yang ada. Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan organisasi yang menciptakan nilai melalui produk barang dan jasa untuk memperoleh keuntungan dan memenuhi kebutuhan. Pada umumnya, tujuan utama dari kegiatan berbisnis adalah untuk memperoleh keuntungan atau profit oriented. Dalam kategori perbisnisan, saat ini sudah banyak orang yang menggunakan media sosial untuk sarana promosi, salah satunya adalah Instagram dan tik tok. Era digital seharusnya menjadi peluang untuk melakukan sebuah langkah perubahan yakni salah satunya melalui strategi bisnis. Karena seperti yang kita tahu, di era milenial ini dunia digital dan teknologi tidak dapat dipisahkan keberadaannya. Selanjutnya, yang dapat kita lakukan adalah menerapkan Digital Marketing. Digital marketing adalah aktivitas promosi sebuah produk/jasa yang menggunakan media elektronik atau digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Dengan begitu, kita tidak perlu bingung untuk melakukan kegiatan pemasaran. Tingginya jumlah pengguna smartphone dan gadget lainnya juga perlu kita perhatikan, sehingga akan lebih banyak orang yang melihat toko online kita. Kita juga dapat membuat website yang berisi informasi, update menarik, dan pastinya selalu memiliki tampilan yang fresh.

  Kedua, selain aplikasi social media, sekarang juga banyak tersedia aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan. Misalnya saja aplikasi pembukuan, aplikasi akuntansi, aplikasi e-commerce, aplikasi administrasi, dan lainnya. Aplikasi-aplikasi yang ada juga perlu kita manfaatkan dalam pengelolaan usaha. Selain itu, usaha kita pun terlihat lebih unggul dibandingkan dengan competitor kita yang tidak menggunakan aplikasi. Karena kecepatan dan manfaat lain dari aplikasi-aplikasi bisnis atau keuangan membuat bisnis yang kita jalani menjadi efektif dan efisien. Ketiga, yaitu inovasi. Inovasi juga merupakan bagian penting dalam strategi bisnis yang kita jalankan. Seperti yang diketahui bahwa dunia bisnis sangat cepat berubah, hampir setiap harinya ada saja sebuah trend baru.

  Maka dari itu, inovasi sangatlah dibutuhkan agar dapat bersaing dengan kompetitor kita. Buatlah produk atau jasa yang berbeda dan istimewa disbanding yang lain. 

  Keempat, memberikan pelayanan yang terbaik. Jika kita dapat memanfaatkan peluang maka kita sebenarnya dapat memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dengan biaya yang terjangkau dan mudah menggunakan media social di era milenial ini. Sebagai contoh misalnya seperti perusahaan pengiriman paket atau ekspedisi. Mereka membuat informasi update mengenai paket yang konsumen kirimkan sudah sampai mana dan perkiraan akan sampai. Sehingga konsumen dapat memantau paketnya dan ia merasa aman karena mengetahui keberadaan paketnya yang aman. Strategi bisnis berupa pelayanan terbaik mungkin terlihat sepele namun dampaknya sangatlah besar. Selagi masih muda, berusahalah untuk menggapai apa yang kita inginkan, kuasai banyak skill, rajin menabung untuk hari esok, jangan "Liabilitas" tetapi gunakan uang untuk investasi dan aset, juga manfaatkan aplikasi yang sedang trend saat ini. Sejumlah riset mengatakan, sekitar 50% belanja online yang ada di Indonesia dilakukan oleh kelompok milenial. Data ini membuat kita sadar, bahwa sebagai pebisnis kita harus secara serius dalam pasar milenial. Sejatinya teknologi bukanlah hal yang membuat bingung, justru teknologi dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar